Soal UTBK Fisika 2021
Pembahasan Soal UTBK Fisika 2021
GAYA GESEK (Kelas X Semester 2)
Sebuah balok bermassa 2,0 kg bergerak pada sebuah bidang datar licin
dengan kecepatan 1,0 m/s. Selanjutnya, balok menuruni sebuah bidang
miring dengan kemiringan 30^{circ} dan mengalami gaya gesek sebesar
7,0 N. setelah sampai di dasar bidang miring, balok meluncur pada bidang
datar licin pada kecepatan 2,0 m/s. Jika percepatan gravitasi pada
tempat tersebut 10 m/s^2, kedua bidang datar berbeda ketinggian ...
m.
A. 0,1
B. 0,2
C. 0,3
D. 0,4
E. 0,5
Diketahui :
m = 2,0 \ kg
bidang datar licin
v_1 = 1 \ m/s
\alpha = 30^{\circ}
f_{gesek} = 7 \ N
v_2 = 2 \ m/s
g = 10 \ m/s^2
Ditanya :
\Delta h = ...?
Penyelesaian : Menghitung percepatan balok pada bidang miring
\begin{aligned} \Sigma F &= m \cdot a \\ w \cdot sin \ \alpha - f_{gesek} &= m \cdot a \\ (m \cdot g \cdot sin \ 30^{\circ}) - f_{gesek} &= m \cdot a \\ \left(2 \cdot 10 \cdot \frac{1}{2} \right) - 7 &= 2 \cdot a \\ 10 - 7 &= 2 \ a \\ a &= \frac{3}{2} \\ &= 1,5 \ m/s^2 \end{aligned}
Menghitung panjang bidang miring atau jarak tempuh balok pada bidang miring
\begin{aligned} {v_t}^2 &= {v_0}^2 + (2 \cdot a \cdot s) \\ {v_2}^2 &= {v_1}^2 + (2 \cdot a \cdot s) \\ 2^2 &= 1^2 + (2 \cdot 1,5 \cdot s) \\ 4 &= 1 + 3 \ s \\ 3 \ s &= 4 - 1 \\ s &= \frac{3}{3} \\ &= 1 \ m \end{aligned}
Menghitung perbedaan ketinggian bidang datar
\begin{aligned} sin \ 30^{\circ} &= \frac{\Delta h}{s} \\ \Delta h &= s \cdot sin \ 30^{\circ} \\ &= 1 \cdot \frac{1}{2} \\ &= 0,5 \ m \end{aligned}
Saat ada gaya luar (gaya gesek) maka Hukum kekekalan energi mekanik tidak berlaku. Jumlah energi potensial dan energi kinetik benda tidak bernilai tetap.
Gaya gesek bernilai negatif karena gaya gesek arahnya berlawanan dengan arah gerak balok.
\begin{aligned} Ek_1 + Ep_1 + W_{gesek} &= Ek_2 + Ep_2 \\ \left(\frac{1}{2} \cdot m \cdot {v_1}^2 \right) + ( m \cdot g \cdot h_1) + (f_{gesek} \cdot s) &= \left(\frac{1}{2} \cdot m \cdot {v_2}^2 \right) + ( m \cdot g \cdot h_2) \\ \left(\frac{1}{2} \cdot 2 \cdot {1}^2 \right) + ( 2 \cdot 10 \cdot h_1) + (-7 \cdot 1) &= \left(\frac{1}{2} \cdot 2 \cdot {2}^2 \right) + ( 2 \cdot 10 \cdot 0) \\ 1 + 20 \ h_1 - 7 &= 4 + 0 \\ 20 \ h_1 &= 4 - 1 + 7 \\ 20 \ h_1 &= 10 \\ h_1 &= \frac{10}{20} \\ &= 0,5 \ m \end{aligned}
Jawaban : E. 0,5
A. 0,1
B. 0,2
C. 0,3
D. 0,4
E. 0,5
Diketahui :
m = 2,0 \ kg
bidang datar licin
v_1 = 1 \ m/s
\alpha = 30^{\circ}
f_{gesek} = 7 \ N
v_2 = 2 \ m/s
g = 10 \ m/s^2
Ditanya :
\Delta h = ...?
Penyelesaian : Menghitung percepatan balok pada bidang miring
\begin{aligned} \Sigma F &= m \cdot a \\ w \cdot sin \ \alpha - f_{gesek} &= m \cdot a \\ (m \cdot g \cdot sin \ 30^{\circ}) - f_{gesek} &= m \cdot a \\ \left(2 \cdot 10 \cdot \frac{1}{2} \right) - 7 &= 2 \cdot a \\ 10 - 7 &= 2 \ a \\ a &= \frac{3}{2} \\ &= 1,5 \ m/s^2 \end{aligned}
Menghitung panjang bidang miring atau jarak tempuh balok pada bidang miring
\begin{aligned} {v_t}^2 &= {v_0}^2 + (2 \cdot a \cdot s) \\ {v_2}^2 &= {v_1}^2 + (2 \cdot a \cdot s) \\ 2^2 &= 1^2 + (2 \cdot 1,5 \cdot s) \\ 4 &= 1 + 3 \ s \\ 3 \ s &= 4 - 1 \\ s &= \frac{3}{3} \\ &= 1 \ m \end{aligned}
Menghitung perbedaan ketinggian bidang datar
\begin{aligned} sin \ 30^{\circ} &= \frac{\Delta h}{s} \\ \Delta h &= s \cdot sin \ 30^{\circ} \\ &= 1 \cdot \frac{1}{2} \\ &= 0,5 \ m \end{aligned}
Saat ada gaya luar (gaya gesek) maka Hukum kekekalan energi mekanik tidak berlaku. Jumlah energi potensial dan energi kinetik benda tidak bernilai tetap.
Gaya gesek bernilai negatif karena gaya gesek arahnya berlawanan dengan arah gerak balok.
\begin{aligned} Ek_1 + Ep_1 + W_{gesek} &= Ek_2 + Ep_2 \\ \left(\frac{1}{2} \cdot m \cdot {v_1}^2 \right) + ( m \cdot g \cdot h_1) + (f_{gesek} \cdot s) &= \left(\frac{1}{2} \cdot m \cdot {v_2}^2 \right) + ( m \cdot g \cdot h_2) \\ \left(\frac{1}{2} \cdot 2 \cdot {1}^2 \right) + ( 2 \cdot 10 \cdot h_1) + (-7 \cdot 1) &= \left(\frac{1}{2} \cdot 2 \cdot {2}^2 \right) + ( 2 \cdot 10 \cdot 0) \\ 1 + 20 \ h_1 - 7 &= 4 + 0 \\ 20 \ h_1 &= 4 - 1 + 7 \\ 20 \ h_1 &= 10 \\ h_1 &= \frac{10}{20} \\ &= 0,5 \ m \end{aligned}
Jawaban : E. 0,5
GERAK HARMONIS SEDERHANA (Kelas X Semester 2)
Sebuah bandul matematis dipasang pada langit - langit kabin sebuah
wahana ruang angkasa. Panjang tali bandul itu 1,0 m. Pada suatu saat,
wahana sedang jauh dari benda angkasa apa pun dan dipercepat searah
dengan vektor normal pada Iantai kabin. Saat itu. bandul diayun dan
memiliki frekuensl f = 0.48 Hz. Kemudian tali bandul itu diganti dengan
tali yang lain dengan panjang 2,25 m. Frekuensi bandul itu setelah tali
diganti adalah...
A. 0,32 Hz
B. 0,42 Hz
C. 0,54 Hz
D. 0,68 Hz E. 0,74 Hz
Diketahui :
{\ell}_1 = 1 \ m
f = 0,48 \ Hz
{\ell}_2 = 2,25 \ m
Ditanya :
f_2 = ...?
Petunjuk :
Persamaan frekuensi pada gerak harmonis sederhana
f = \frac{1}{2 \pi} \sqrt{\frac{g}{\ell}}
Keterangan :
f = frekuensi (Hz)
g = percepatan gravitasi di bumi (m/s^2)
\ell = panjang tali pada bandul (m)
Dari persamaan di atas, diketahui bahwa hubungan frekuensi (f) dan panjang tali pada bandul (\ell) adalah berbanding terbalik
f \sim \frac{1}{\sqrt{\ell}}
Jawab : A. 0,32 Hz
\begin{aligned} \frac{f_2}{f_1} &= \sqrt{\frac{{\ell}_1}{{\ell}_2}} \\ \frac{f_2}{0,48 \ Hz} &= \sqrt{\frac{1 \ m}{2,25 \ m}} \\ \frac{f_2}{0,48 \ Hz} &= \frac{1}{1,5} \\ f_2 &= \frac{0,48 \cdot 1}{1,5} \\ &= 0,32 \ Hz \end{aligned}
A. 0,32 Hz
B. 0,42 Hz
C. 0,54 Hz
D. 0,68 Hz E. 0,74 Hz
Diketahui :
{\ell}_1 = 1 \ m
f = 0,48 \ Hz
{\ell}_2 = 2,25 \ m
Ditanya :
f_2 = ...?
Petunjuk :
Persamaan frekuensi pada gerak harmonis sederhana
f = \frac{1}{2 \pi} \sqrt{\frac{g}{\ell}}
Keterangan :
f = frekuensi (Hz)
g = percepatan gravitasi di bumi (m/s^2)
\ell = panjang tali pada bandul (m)
Dari persamaan di atas, diketahui bahwa hubungan frekuensi (f) dan panjang tali pada bandul (\ell) adalah berbanding terbalik
f \sim \frac{1}{\sqrt{\ell}}
Jawab : A. 0,32 Hz
\begin{aligned} \frac{f_2}{f_1} &= \sqrt{\frac{{\ell}_1}{{\ell}_2}} \\ \frac{f_2}{0,48 \ Hz} &= \sqrt{\frac{1 \ m}{2,25 \ m}} \\ \frac{f_2}{0,48 \ Hz} &= \frac{1}{1,5} \\ f_2 &= \frac{0,48 \cdot 1}{1,5} \\ &= 0,32 \ Hz \end{aligned}
GERAK HARMONIS SEDERHANA (Kelas XI Semester 2)
Sebuah bandul matematis dipasang pada langit-langit kabin sebuah wahana
ruang angkasa. Ketika wahana itu meninggalkan permukaan bumi, bandul
tersebut diayun sehingga terjadi ayunan selaras. Ketika bandul itu tepat
berada pada simpangan maksimum, wahana jatuh bebas ke Bumi. Relatif
terhadap pengamat di wahana, manakah pernyataan berikut yang benar?
A. Bandul berhenti berayun
B. Bandul tetap berayun dengan frekuensi bertambah
C. Bandul tetap berayun dengan frekeunsi tetap
D. Bandul bergerak melingkar beraturan
E. Bandul bergerak melingkar dipercepat
Pembahasan :
Ketika bandul tepat berada pada simpangan maksimum, bandul berhenti sejenak atau kecepatannya sama dengan nol.
Wahana jatuh bebas, berarti wahana tersebut mengalami gerak jatuh bebas (GJB). Pada gerak GJB kecepatan mula-mulanya adalah nol v_0 = 0.
Ketika bandul itu tepat berada pada simpangan maksimum, wahana jatuh bebas ke Bumi. Artinya kecepatan awal keduanya sama yaitu nol.
Jawaban : A
A. Bandul berhenti berayun
B. Bandul tetap berayun dengan frekuensi bertambah
C. Bandul tetap berayun dengan frekeunsi tetap
D. Bandul bergerak melingkar beraturan
E. Bandul bergerak melingkar dipercepat
Pembahasan :
Ketika bandul tepat berada pada simpangan maksimum, bandul berhenti sejenak atau kecepatannya sama dengan nol.
Wahana jatuh bebas, berarti wahana tersebut mengalami gerak jatuh bebas (GJB). Pada gerak GJB kecepatan mula-mulanya adalah nol v_0 = 0.
Ketika bandul itu tepat berada pada simpangan maksimum, wahana jatuh bebas ke Bumi. Artinya kecepatan awal keduanya sama yaitu nol.
Jawaban : A
TERMODINAMIKA (Kelas XI Semester 2)
Gas ideal diatomik sebanyak n mol mengalami proses termodinamika
pada tekanan tetap b \ Pa dari keadaan 1 ke keadaan 2, dengan
volume v_1 = a \ m^3 dan v_2 = 4 \ v_1. Dalam proses
tersebut, gas menyerap kalor sebesar ... J.
A. 10,5 ab
B. 11,0 ab
C. 11,5 ab
D. 12,0 ab
E. 12,5 ab
Diketahui :
Diatomik, f = 5
n = n \ mol
tekanan tetap, P = b \ Pa
v_1 = a \ m^3
v_2 = 4 \ v_1\ = 4a \ m^3
Ditanya :
Q_{serap} = ...?
Petunjuk :
Persamaan gas ideal (saat tekanan tetap)
\begin{aligned} P \cdot V &= n \cdot R \cdot T \\ (P_2 \cdot V_2) - (P_1 \cdot V_1) &= (n \cdot R \cdot T_2)-(n \cdot R \cdot T_1) \\ P (V_2 - V_1) &= n \cdot R \cdot \Delta T \end{aligned}
Penyelesaian :
Menggunakan persamaan Hukum I Termodinamika
\begin{aligned} Q &= W + \Delta U \\ &= (P \cdot \Delta V) + \frac{f}{2} \cdot n \cdot R \cdot \Delta T \\ &= (P \cdot [V_2 - V_1]) + \frac{5}{2} \cdot (P \cdot [V_2 - V_1]) \\ &= (b \cdot [4a - a]) + \frac{5}{2} \cdot (b \cdot [4a - a]) \\ &= (b \cdot 3a) + \frac{5}{2} \cdot (b \cdot 3a) \\ &= 3 \ ab + 7,5 \ ab \\ &= 10,5 \ ab \end{aligned}
Jawaban : A. 10,5 ab
A. 10,5 ab
B. 11,0 ab
C. 11,5 ab
D. 12,0 ab
E. 12,5 ab
Diketahui :
Diatomik, f = 5
n = n \ mol
tekanan tetap, P = b \ Pa
v_1 = a \ m^3
v_2 = 4 \ v_1\ = 4a \ m^3
Ditanya :
Q_{serap} = ...?
Petunjuk :
Persamaan gas ideal (saat tekanan tetap)
\begin{aligned} P \cdot V &= n \cdot R \cdot T \\ (P_2 \cdot V_2) - (P_1 \cdot V_1) &= (n \cdot R \cdot T_2)-(n \cdot R \cdot T_1) \\ P (V_2 - V_1) &= n \cdot R \cdot \Delta T \end{aligned}
Penyelesaian :
Menggunakan persamaan Hukum I Termodinamika
\begin{aligned} Q &= W + \Delta U \\ &= (P \cdot \Delta V) + \frac{f}{2} \cdot n \cdot R \cdot \Delta T \\ &= (P \cdot [V_2 - V_1]) + \frac{5}{2} \cdot (P \cdot [V_2 - V_1]) \\ &= (b \cdot [4a - a]) + \frac{5}{2} \cdot (b \cdot [4a - a]) \\ &= (b \cdot 3a) + \frac{5}{2} \cdot (b \cdot 3a) \\ &= 3 \ ab + 7,5 \ ab \\ &= 10,5 \ ab \end{aligned}
Jawaban : A. 10,5 ab
Gas ideal monoatomik sebanyak n mol menjalani proses termodinamika dalam
wadah yang volumenya tetap. Pada proses tersebut, gas menyerap kalor
sebesar Q J dan perubahan tekanan sebesar a \ Pa. Volume wadah sama
dengan ....m^3
A. \frac{(2Q)}{a}
B. \frac{(Q)}{a}
C. \frac{(2Q)}{3a}
D. \frac{(Q)}{2a}
E. \frac{(2Q)}{5a}
Diketahui :
monoatomik, f = 3
Volume tetap, W = 0
Q_{serap} = Q \ J
\Delta P = a \ Pa
Ditanya :
V = ...?
Petunjuk :
Persamaan gas ideal (saat volume tetap)
\begin{aligned} P \cdot V &= n \cdot R \cdot T \\ (P_2 \cdot V_2) - (P_1 \cdot V_1) &= (n \cdot R \cdot T_2)-(n \cdot R \cdot T_1) \\ (P_2 - P_1) \cdot V &= n \cdot R \cdot \Delta T \end{aligned}
Persamaan perubahan energi dalam menjadi :
\begin{aligned} \Delta U &= \frac{f}{2} \cdot n \cdot R \cdot \Delta T \\ &= \frac{f}{2} \cdot ([P_2 - P_1] \cdot V) \\ &= \frac{f}{2} \cdot \Delta P \cdot V \\ \end{aligned}
Penyelesaian :
\begin{aligned} Q &= W + \Delta U \\ Q &= 0 + \frac{f}{2} \cdot n \cdot R \cdot \Delta T \\ Q &= \frac{f}{2} \cdot (\Delta P \cdot V) \\ Q &= \frac{3}{2} \cdot a \cdot V \\ V &= \frac{2Q}{3a} \end{aligned}
Jawaban : C. \frac{(2Q)}{3a}
A. \frac{(2Q)}{a}
B. \frac{(Q)}{a}
C. \frac{(2Q)}{3a}
D. \frac{(Q)}{2a}
E. \frac{(2Q)}{5a}
Diketahui :
monoatomik, f = 3
Volume tetap, W = 0
Q_{serap} = Q \ J
\Delta P = a \ Pa
Ditanya :
V = ...?
Petunjuk :
Persamaan gas ideal (saat volume tetap)
\begin{aligned} P \cdot V &= n \cdot R \cdot T \\ (P_2 \cdot V_2) - (P_1 \cdot V_1) &= (n \cdot R \cdot T_2)-(n \cdot R \cdot T_1) \\ (P_2 - P_1) \cdot V &= n \cdot R \cdot \Delta T \end{aligned}
Persamaan perubahan energi dalam menjadi :
\begin{aligned} \Delta U &= \frac{f}{2} \cdot n \cdot R \cdot \Delta T \\ &= \frac{f}{2} \cdot ([P_2 - P_1] \cdot V) \\ &= \frac{f}{2} \cdot \Delta P \cdot V \\ \end{aligned}
Penyelesaian :
\begin{aligned} Q &= W + \Delta U \\ Q &= 0 + \frac{f}{2} \cdot n \cdot R \cdot \Delta T \\ Q &= \frac{f}{2} \cdot (\Delta P \cdot V) \\ Q &= \frac{3}{2} \cdot a \cdot V \\ V &= \frac{2Q}{3a} \end{aligned}
Jawaban : C. \frac{(2Q)}{3a}
GELOMBANG BUNYI (Kelas XI Semester 2)
Dua sumber bunyi A dan B serta pengamat terletak di sumbu X sebagaimana
pada gambar. Kedua sumber menghasilkan bunyi dengan frekuensi sama
f. Cepat rambat bunyi di udara adalah v_u. Pengamat O diam,
sumber bunyi A bergerak ke kiri dengan laju v_A = 0,25 \ v_u, dan
sumber bunyi B bergerak ke kanan dengan laju v_B = b \ v_u. Jika
selisih frekuensi bunyi dari kedua sumber menurut O adalah
\frac{2}{15} f. b sama dengan ....A. 0,1
B. 0,2
C. 0,3
D. 0,4
E. 0,5
Diketahui :
f_{sA} = f_{sB} = f
v_{udara} = v_u
v_p = 0 (diam)
v_{sA} = 0,25 \ v_u
v_{sB} = b \ v_u
\Delta f_p = \frac{2}{15} f
Ditanya :
b = ...?
Petunjuk :
Persamaan Efek Dopler
f_{p} = \frac{v \pm v_p}{v \pm v_s} \cdot f_s
Keterangan :
f_p = frekuensi pendengar
f_s = frekuensi sumber
v = cepat rambat bunyi di udara
v_s = cepat rambat sumber bunyi
v_p = cepat rambat pendengar
Penyelesaian :Menghitung frekuensi pendengar terhadap sumber bunyi A
(Sumber menjauhi pendengar)
\begin{aligned} f_{pA} &= \frac{v \pm v_p}{v \pm v_{sA}} \cdot f_{sA} \\ &= \frac{v_u + v_p}{v_u + v_{sA}} \cdot f_{sA} \\ &= \frac{v_u + 0}{v_u + 0,25 \ v_u} \cdot f \\ &= \frac{v_u}{1,25 \ v_u} \cdot f \\ &= \frac{1}{1,25} f \\ &= \frac{4}{5} f \\ &= 0,8 \ f \end{aligned}
Menghitung frekuensi pendengar terhadap sumber bunyi B
(Sumber menjauhi pendengar)
\begin{aligned} f_{pB} &= \frac{v \pm v_p}{v \pm v_{sB}} \cdot f_{sB} \\ &= \frac{v_u + v_p}{v_u + v_{sB}} \cdot f_{sB} \\ &= \frac{v_u + 0}{v_u + b \ v_u} \cdot f \\ &= \frac{v_u}{(1+b) \ v_u} \cdot f \\ &= \frac{1}{(1+b)} f \\ \end{aligned}
Menghitung nilai b
\begin{aligned} \Delta f_p &= f_{pA} - f_{pB} \\ \frac{2}{15} f &= \frac{4}{5} f - \frac{1}{(1+b)} f \\ \frac{1}{(1+b)} f &= \frac{2}{15} f - \frac{4}{5} f \\ \frac{1}{(1+b)} &= \frac{12-2}{15} \\ \frac{1}{(1+b)} &= \frac{10}{15} \\ \frac{1}{(1+b)} &= \frac{2}{3} \\ (1+b) \cdot 2 &= 3 \cdot 1 \\ 2b + 2 &= 3 \\ 2b &= 3-2 \\ b &= \frac{1}{2} \\ &= 0,5 \end{aligned}
Jawaban : E. 0,5
B. 0,2
C. 0,3
D. 0,4
E. 0,5
Diketahui :
f_{sA} = f_{sB} = f
v_{udara} = v_u
v_p = 0 (diam)
v_{sA} = 0,25 \ v_u
v_{sB} = b \ v_u
\Delta f_p = \frac{2}{15} f
Ditanya :
b = ...?
Petunjuk :
Persamaan Efek Dopler
f_{p} = \frac{v \pm v_p}{v \pm v_s} \cdot f_s
Keterangan :
f_p = frekuensi pendengar
f_s = frekuensi sumber
v = cepat rambat bunyi di udara
v_s = cepat rambat sumber bunyi
v_p = cepat rambat pendengar
- Karena pengamat atau pendengar diam di titik O, sehingga v_p = 0
- Saat sumber bunyi menjauhi pendengar, maka nilai v_s nya berharga positif
- Saat sumber bunyi mendekati pendengar, maka nilai v_s nya berharga negatif
- Kedua sumber bunyi pada soal tersebut bergerak menjauhi pengamat yang berada di O, sehingga nilai v_s nya positif.
Penyelesaian :Menghitung frekuensi pendengar terhadap sumber bunyi A
(Sumber menjauhi pendengar)
\begin{aligned} f_{pA} &= \frac{v \pm v_p}{v \pm v_{sA}} \cdot f_{sA} \\ &= \frac{v_u + v_p}{v_u + v_{sA}} \cdot f_{sA} \\ &= \frac{v_u + 0}{v_u + 0,25 \ v_u} \cdot f \\ &= \frac{v_u}{1,25 \ v_u} \cdot f \\ &= \frac{1}{1,25} f \\ &= \frac{4}{5} f \\ &= 0,8 \ f \end{aligned}
Menghitung frekuensi pendengar terhadap sumber bunyi B
(Sumber menjauhi pendengar)
\begin{aligned} f_{pB} &= \frac{v \pm v_p}{v \pm v_{sB}} \cdot f_{sB} \\ &= \frac{v_u + v_p}{v_u + v_{sB}} \cdot f_{sB} \\ &= \frac{v_u + 0}{v_u + b \ v_u} \cdot f \\ &= \frac{v_u}{(1+b) \ v_u} \cdot f \\ &= \frac{1}{(1+b)} f \\ \end{aligned}
Menghitung nilai b
\begin{aligned} \Delta f_p &= f_{pA} - f_{pB} \\ \frac{2}{15} f &= \frac{4}{5} f - \frac{1}{(1+b)} f \\ \frac{1}{(1+b)} f &= \frac{2}{15} f - \frac{4}{5} f \\ \frac{1}{(1+b)} &= \frac{12-2}{15} \\ \frac{1}{(1+b)} &= \frac{10}{15} \\ \frac{1}{(1+b)} &= \frac{2}{3} \\ (1+b) \cdot 2 &= 3 \cdot 1 \\ 2b + 2 &= 3 \\ 2b &= 3-2 \\ b &= \frac{1}{2} \\ &= 0,5 \end{aligned}
Jawaban : E. 0,5
GELOMBANG BUNYI (Kelas XI Semester 2)
Dua sumber bunyi A dan B serta pengamat O terletak di sumbu x,
sebagaimana pada gambar. Kedua sumber menghasilkan bunyi frekuensi sama
f. Cepat rambat bunyi di udara v_u. Pengamat O, sumber A dan
sumber bunyi B bergerak ke kanan berturut-turut dengan kelajuan 0,2 \
v_u, 0,4 \ v_u, dan 0,6 \ v_u. Jika selisih frekuensi bunyi
dari kedua sumber menurut pengamat adalah a, maka f sama dengan
....A. \frac{9}{7} \cdot a
B. \frac{10}{7} \cdot a
C. \frac{11}{7} \cdot a
D. \frac{12}{7} \cdot a
E. \frac{13}{7} \cdot a
Diketahui :
f_{sA} = f_{sB} = f
v_{udara} = v_u
v_p = 0,2 \ v_u (ke kanan)
v_{sA} = 0,4 \ v_u (ke kanan)
v_{sB} = 0,6 \ v_u (ke kanan)
\Delta f_p = a
Ditanya :
f = ...?
Penyelesaian :Menghitung frekuensi pendengar terhadap sumber bunyi A
(Sumber mendekati pendengar. Pendengar menjauhi sumber)
\begin{aligned} f_{pA} &= \frac{v \pm v_p}{v \pm v_{sA}} \cdot f_{sA} \\ &= \frac{v_u - v_p}{v_u - v_{sA}} \cdot f_{sA} \\ &= \frac{v_u - 0,2 \ v_u}{v_u - 0,4 \ v_u} \cdot f \\ &= \frac{v_u (1-0,2)}{v_u (1-0,4) \cdot f} \\ &= \frac{0,8}{0,6} f \\ &= \frac{4}{3} f \\ &= 1,333 \ f \end{aligned}
Menghitung frekuensi pendengar terhadap sumber bunyi B
(Pendengar mendekati sumber. Sumber menjauhi pendengar)
\begin{aligned} f_{pB} &= \frac{v \pm v_p}{v \pm v_{sB}} \cdot f_{sB} \\ &= \frac{v_u + v_p}{v_u + v_{sB}} \cdot f_{sB} \\ &= \frac{v_u + 0,2 \ v_u}{v_u + 0,6 \ v_u} \cdot f \\ &= \frac{v_u (1+0,2)}{v_u (1+0,6)} \cdot f \\ &= \frac{1,2}{1,6} \cdot f \\ &= \frac{3}{4} f \\ &= 0,75 \ f \end{aligned}
Menghitung nilai f
\begin{aligned} \Delta f_p &= f_{pA} - f_{pB} \\ a &= \frac{4}{3} \cdot f - \frac{3}{4} \cdot f \\ &= \left(\frac{4}{3} - \frac{3}{4} \right) \cdot f \\ &= \left(\frac{16-9}{12} \right) \cdot f \\ &= \left(\frac{7}{12} \right) \cdot f \\ f &= \frac{12}{7} \cdot a \end{aligned}
Jawaban : D. \frac{12}{7} \cdot a
B. \frac{10}{7} \cdot a
C. \frac{11}{7} \cdot a
D. \frac{12}{7} \cdot a
E. \frac{13}{7} \cdot a
Diketahui :
f_{sA} = f_{sB} = f
v_{udara} = v_u
v_p = 0,2 \ v_u (ke kanan)
v_{sA} = 0,4 \ v_u (ke kanan)
v_{sB} = 0,6 \ v_u (ke kanan)
\Delta f_p = a
Ditanya :
f = ...?
Penyelesaian :Menghitung frekuensi pendengar terhadap sumber bunyi A
(Sumber mendekati pendengar. Pendengar menjauhi sumber)
\begin{aligned} f_{pA} &= \frac{v \pm v_p}{v \pm v_{sA}} \cdot f_{sA} \\ &= \frac{v_u - v_p}{v_u - v_{sA}} \cdot f_{sA} \\ &= \frac{v_u - 0,2 \ v_u}{v_u - 0,4 \ v_u} \cdot f \\ &= \frac{v_u (1-0,2)}{v_u (1-0,4) \cdot f} \\ &= \frac{0,8}{0,6} f \\ &= \frac{4}{3} f \\ &= 1,333 \ f \end{aligned}
Menghitung frekuensi pendengar terhadap sumber bunyi B
(Pendengar mendekati sumber. Sumber menjauhi pendengar)
\begin{aligned} f_{pB} &= \frac{v \pm v_p}{v \pm v_{sB}} \cdot f_{sB} \\ &= \frac{v_u + v_p}{v_u + v_{sB}} \cdot f_{sB} \\ &= \frac{v_u + 0,2 \ v_u}{v_u + 0,6 \ v_u} \cdot f \\ &= \frac{v_u (1+0,2)}{v_u (1+0,6)} \cdot f \\ &= \frac{1,2}{1,6} \cdot f \\ &= \frac{3}{4} f \\ &= 0,75 \ f \end{aligned}
Menghitung nilai f
\begin{aligned} \Delta f_p &= f_{pA} - f_{pB} \\ a &= \frac{4}{3} \cdot f - \frac{3}{4} \cdot f \\ &= \left(\frac{4}{3} - \frac{3}{4} \right) \cdot f \\ &= \left(\frac{16-9}{12} \right) \cdot f \\ &= \left(\frac{7}{12} \right) \cdot f \\ f &= \frac{12}{7} \cdot a \end{aligned}
Jawaban : D. \frac{12}{7} \cdot a
Post a Comment for "Soal UTBK Fisika 2021"