Processing math: 100%
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Uji Prestasi Mandiri 1.1 Kecepatan, Laju dan Percepatan

pembahasan-soal-kinematika-gerak-lurus-sagufindo-kinarya-uji-prestasi-mandiri-11
Soal dan Pembahasan Uji Prestasi Mandiri 1.1
Kecepatan, Laju dan Percepatan

Nomor 1

Seorang berlari mengelilingi lapangan berbentuk lingkaran yang jari-jarinya 70 m dan berhenti setelah menempuh 1½ lapangan selama 10 menit. Hitung:
a. Jarak
b. Perpindahan
c. Kelajuan
d. Kecepatan

Diketahui :
r = 70 \ m
s = 1½ \ lapangan
t = 10 \ menit = 600 \ sekon

Ditanya :
a. s = ...?
b. \overline{s} = ...?
c. v = ...?
d. \overline{v} = ...?
 
Petunjuk :
  • Pelari menempuh 1,5 lapangan, berarti menempuh satu lingkaran ditambah setengah lingkaran. Sehingga jarak yang ditempuh sama dengan 1,5 kali keliling lingkaran.
  • Pelari melakukan perpindahan 1,5 lapangan, artinya jarak antara posisi awal dan akhirnya tepat sejauh diameter lingkaran.

Jawab :
Jarak
\begin{aligned} s&= \frac{3}{2} \cdot keliling \ lingkaran \\ &= \frac{3}{2} \cdot \pi \cdot d \\ &= \frac{3}{2} \cdot \pi \cdot 2r \\ &= \frac{3}{2} \cdot \frac{22}{7} \cdot 2 \cdot 70 \\ &= 660 \ m \end{aligned}

Perpindahan
\begin{aligned}  \overline{s} &= panjang \ diameter \\ &= 2 \cdot r \\ &= 2 \cdot 70 \\ &= 140 \ m \end{aligned}

Kelajuan
\begin{aligned} v &= \frac{jarak}{selang \ waktu} \\ &= \frac{660 \ m}{600 \ s} \\ &= 1,1 \ m/s \end{aligned}

Kecepatan
\begin{aligned} \overline{v} &= \frac{perpindahan}{waktu} \\ &=\frac{140 \ m}{600 \ s} \\ &= 0,233 \ m/s \end{aligned}


Nomor 2
Sebuah benda bergerak dari A → B → C seperti pada gambar berikut:
Sebuah-benda-bergerak-dar- A- B -C seperti-pada-gambar-berikut
Waktu tempuh dari A ke B 16 detik dan dari B ke C 4 detik. Hitung:
a. Jarak tempuh benda
b. Perpindahan
c. Kelajuan
d. Kecepatan rata-rata

Diketahui :
t_{AB} = 16 \ detik
t_{BC} = 4 \ detik

Ditanya :
a. s = ...?
b. \overline{s} = ...?
c. v = ...?
d. \overline{v} = ...?

Petunjuk :
  • Jarak merupakan panjang seluruh lintasan yang dilewati.
  • Perpindahan adalah perubahan posisi dari suatu benda selama bergerak.
  • Perpindahan dapat dihitung dengan panjang antara posisi awal dan akhir.
  • Besar nilai jarak dan perpindahan bisa sama namun juga bisa berbeda. Jika benda bergerak ke kanan terus, maka besar jarak = besar perpindahannya.
  • Kelajuan dapat dihitung dengan membagi jarak total dengan waktu tempuh.
  • kecepatan dapat dihitung dengan membagi antara perpindahan dengan jarak tempuhnya

Jawab :
a. Menghitung jarak
\begin{aligned} s_{AB} &= posisi \ B - posisi \ A \\ &= 2-(-6) \\ &= 2 + 6 \\ &= 8 \ satuan\\ \\ s_{BC} &= posisi \ C - posisi \ B \\ &= 6 - 2 \\ &= 4 \ satuan \\ \\ s_{total} &= s_{AB} + s_{BC} \\ &= 8 + 4 \\ &= 12 \ satuan \end{aligned}

b. Menghitung perpindahan
\begin{aligned} \overline{s} &= posisi \ akhir - posisi \ awal \\ &= 2 - (-6) \\ &= 8 \ satuan\\ \end{aligned}

c. Menghitung kelajuan
\begin{aligned} v &= \frac{s}{t} \\ &= \frac{12}{16 + 4} \\ &= \frac{12}{20} \\ &= 0,6 \ m/s  \end{aligned}

d. Menghitung kecepatan
\begin{aligned} \overline{v} &= \frac{\overline{s}}{t} \\ &= \frac{12}{16 + 4} \\ &= \frac{12}{20} \\ &= 0,6 \ m/s  \end{aligned}


Nomor 3
Tabel kecepatan (m/s) dan waktu (s) ditunjukkan sebagai berikut:
Tabel-kecepatan-(ms)-dan-waktu-ditunjukkan-sebagai-berikut
a. Gambarkan grafik kecepatan sebagai fungsi dari waktu
b. Percepatan saat t = 2 s
c. Percepatan saat t = 5 s
d. Percepatan saat t = 8 s

Ditanya :
a. Gambar grafik kecepatan terhadap waktu
b. \overline{a_{2}} = ...?
c. \overline{a_{5}} = ...?
d. \overline{a_{8}} = ...?

Petunjuk :
  • pada t = 0 s sampai dengan t = 3 sekon, gerak yang dialami benda adalah gerak lurus berubah beraturan (GLBB)dipercepat dengan percepatan tetap.
  • pada t = 4 s sampai dengan t = 6 sekon, gerak yang dialami benda adalah gerak lurus beraturan (GLB) dengan besar percepatan nol.
  • pada t = 6 sekon sampai dengan t = 8 sekon, gerak benda yang dialami adalah gerak lurus berubah beraturan (GLBB) diperlambat.
  • Tanda minus pada nilai percepatan menunjukkan bahwa gerak benda diperlambat.

Jawab :
a. Gambar grafik kecepatan terhadap waktu
Tabel-kecepatan-(ms)-dan-waktu-ditunjukkan-sebagai-berikut-gambar-grafik

b. Percepatan saat t = 2 s
\begin{aligned} \overline{a_2} &= \frac{v_2 - v_0}{t_2 - t_0} \\ &= \frac{1-0}{2-0} \\ &= \frac{1}{2} \\ &= 0,5 \ m/s^2 \end{aligned}

c. Percepatan saat t = 5 s
\begin{aligned} \overline{a_5} &= \frac{v_5 - v_4}{t_5 - t_4} \\ &= \frac{8-8}{5-4} \\ &= \frac{0}{1} \\ &= 0 \ m/s^2 \end{aligned}

d. Percepatan saat t = 8 s
\begin{aligned} \overline{a_8} &= \frac{v_8 - v_6}{t_8 - t_6} \\ &= \frac{2-8}{8-6} \\ &= \frac{-6}{2} \\ &= -3 \ m/s^2 \end{aligned}


Nomor 4
Rini yang sedang bersepeda santai terkejut ketika melihat seekor anjing herder mengejarnya. Karena ketakutan, ia mengayuh sepedanya sekuat tenaga hingga mencapai kecepatan 16 m/s dalam waktu 6 sekon. Jika percepatan rata- rata dalam selang waktu tersebut adalah 2 m/s², berapakah kecepatan sepeda Rini mula-mula?

Diketahui :
v_t = 16 \ m/s
\Delta t = 6 \ sekon
\overline{a_r} = 2 \ m/s^2

Ditanya :
v_0 = ...?

Jawab :
\begin{aligned} \overline{a_r} &= \frac{v_t - v_0}{\Delta t} \\ 2 &= \frac{16-v_0}{6} \\  2 \cdot 6 &= 16 - v_0 \\ v_0 &= 16 - 12 \\ &= 4 \ m/s \end{aligned}

Post a Comment for "Uji Prestasi Mandiri 1.1 Kecepatan, Laju dan Percepatan"